Luncurkan Galaxy A80, Samsung Ikut Ramaikan Tren Smartphone Berkamera Pop-Up

Samsung Galaxy A80 dengan kamera pop-up dan putar
Samsung Galaxy A80 dengan kamera pop-up yang dapat berputar.(Kompas.Com/ Rindi Nuris Velarosdela)

Samsung akhirnya ikut meramaikan tren smartphone dengan mekanisme kamera naik-turun atau pop-up dengan meluncurkan Galaxy A80. Mekanisme ini membuat layar smartphone tampil lebih lega karena menghilangkan kamera depan dan tanpa notch. Hal lain yang tak kalah menarik adalah kamera pop-up milik Galaxy A80 dapat berputar ke depan atau belakang secara otomatis.

Dalam situs resmi Samsung, Galaxy A80 dibuat untuk pengguna yang gemar melakukan live streaming. Momen apa pun dapat diambil secara live dari segala sisi dengan kualitas yang memukau. Sebab kamera pada Galaxy A80 bisa digunakan dalam mode kamera utama atau selfie sekaligus.

Kamera Galaxy A80 akan muncul ke atas secara otomatis saat pengguna mengaktifkan mode kamera depan. Menggunakan mekanisme geser, kamera akan naik ke atas dari belakang smartphone dan berputar ke depan. Dalam mode ini pengguna bisa menggunakannya untuk menangkap gambar atau merekam video.

Ada tiga kamera yang terpasang pada bagian belakang Galaxy A80. Seperti dikutip dari Kompas.com, kamera utama Galaxy A80 memiliki resolusi 48 megapiksel dengan lensa wide f/20. Fitur ini dapat mempermudah pengguna untuk menangkap gambar saat siang maupun malam hari.

Kemudian terdapat kamera 8 megapiksel dengan lensa ultra-wide f/2.2, yang memiliki sudut pandang seperti mata manusia. Kamera Galaxy A80 juga dilengkapi dengan sensor kamera 3D (ToF) yang menawarkan fitur live focus pada foto dan video. Fitur ini berfungsi untuk memindai objek-objek dan mengukur dimensinya.

Sedangkan untuk kualitas layar, Galaxy A80 memiliki luas layar 6,7 inci dan menggunakan panel Super AMOLED dengan resolusi FHD+ (1080 x 2400 piksel). Teknologi ini membuat pengguna dapat melihat detil gambar dengan kualitas yang memesona. Kemudian dari sisi audio, Galaxy A80 menggunakan fitur audio Dolby Atmos.

Selain tampil dengan fitur yang menawan, Galaxy A80 juga memiliki spesifikasi yang lumayan gahar. Sebagai smartphone Samsung seri A tercanggih, dapur pacunya mengandalkan sytem-on-chip (SoC) Snapdragon 730. Kemudian didukung juga dengan RAM berkapasitas 8 GB dan penyimpanan internal berkapasitas 128 GB.

Meski memiliki performa yang mumpuni untuk live streaming dan bermain game, baterai Galaxy A80 hanya memiliki kapasitas 3.700 mAh. Namun kekurangan pada baterai tersebut ditutup oleh fitur fast charging 25 Watt. Dilengkapi pula dengan fitur baterai cerdas yang dapat mengoptimalkan konsumsi daya pada smartphone berdasarkan kebiasaan pengguna.

Galaxy A80 akan tersedia dalam 3 varian warna yaitu emas, putih, dan hitam. Belum diketahui kapan smartphone dengan 3 kamera berputar ini akan dijual di Indonesia. Namun di pasar Global, Galaxy A80 mulai dijual pada 29 Mei 2019.


Referensi:

  1. Kompas.com
  2. Samsung.com

Comments