Unik, Tamiya Aero Avante Dibuat Seperti Mobil Sungguhan

Beberapa hari yang lalu saya baru saja membeli Tamiya Mini 4WD seri Aero Avante, salah satu seri Avante mini 4WD yang populer di Jepang. Hal menarik dari Tamiya yang baru saya beli ini yaitu, sudah ada bentuk skala 1:1 alias seukuran aslinya. Tamiya memberi nama proyek ini “1/1 Giant Mini 4WD Project”

[caption id="attachment_770" align="aligncenter" width="629"]Tamiya Mini 4WD, Aero Avante (Sumber Gambar: Dokumen Pribadi) Tamiya Mini 4WD, Aero Avante[/caption]

Model Tamiya Aero Avante 1:1 dibuat oleh perusahaan manufaktur model plastik dan mobil radio kontrol, Tamiya, di Tokyo. Pembuatan ini berkaitan dengan acara kompetisi mini 4WD tingkat nasional di Jepang bernama “Mini 4WD Japan Cup 2015.” Mainan mini 4WD sangat terkenal di Jepang, dan Tamiya adalah merek mini 4WD paling terkenal di dunia. Perusahaan ini sudah membuat 420 tipe mobil dan menjual lebih dari 170 juta mobil mini.

[embed]https://www.youtube.com/watch?v=VTPtflv9SuE[/embed]

Seperti mobil pada umumnya, model 1:1 Aero Avante ini bisa dikendarai dengan manusia di dalamnya. Menggunakan mesin berkapasitas 1.600 cc dan pendingin udara empat silinder, Aero Avante 1/1  dapat melaju hingga 180 kilometer per jam. Meskipun kencang, mobil ini bisa dikendalikan seperti mobil pada umumnya. Roller yang digunakan model Aero Avante 1:1 tidak digunakan untuk berbelok, tapi menggunakan sistem stir dan suspensi.

Pembuatan mobil dalam skala 1:1 ini bukan pertama kali dilakukan Tamiya, sebelumnya mereka sudah membuat Wild Willy Jeep dan Beetle Sand Scorcher. Tapi untuk model mini 4WD yang bisa dikendarai dan berbelok, Aero Avante 1:1 adalah seri yang pertama kali dibuat.

Comments