Bahagia dalam Bekerja Tidak Melulu Soal Besaran Gaji

Suatu ketika saya berada diantara pembicaraan para karyawan senior yang membahas tentang nasib mantan rekan kerjanya. Dulu mereka adalah tim yang sangat solid, tak jarang mereka mendapat pujian dari atasan. Dalam percakapan mereka, saya hanya manggut-manggut mendengarkan, berusaha mempelajari apa yang diharapkan karyawan masa kini.

Salah seorang karyawan A berucap, “Eh temen kita si Y, yang dulu itu, udah enak lho hidupnya. Kerja di perusahaan XXX, dan denger-denger kalau kerja di situ gajinya gede banget!”.

Lalu karyawan B memberikan pendapatnya, “Iya sih gajinya gede, tapi saya tidak suka kalau kerja di perusahaan seperti itu, harus wajib pakai seragam dan jam kerjanya kaku. Enakan disini, pakaian bebas rapi dan jam kerjanya fleksibel”

Dari kedua percakapan karyawan tersebut dapat diketahui bahwa gaji bukanlah satu-satunya alasan dalam memilih pekerjaan. Karyawan B menilai bahwa pekerjaan yang nyaman buat dirinya adalah pekerjaan yang menawarkan kebebasan. Itu hanya pendapat pribadi saya saja, karena saya bukanlah seorang lulusan psikologi atau karyawan HRD.

Saya dulu juga punya senior yang kuliah di jurusan Teknik Geologi dan Teknik Kimia, setelah lulus mereka ternyata tidak bekerja sesuai dengan jurusan mereka, melainkan sama-sama bekerja di perusahaan media. Jika dilihat dari jurusannya saat kuliah, mereka bisa saja bekerja di perusahaan tambang nasional atau perusahaan kimia, yang gajinya biasanya akan lebih besar daripada bekerja di perusahaan media, bila dilihat statusnya sama-sama freshgraduate. Tapi mau bagaimana lagi, mereka lebih bahagia bekerja di sana karena bekerja sesuai passion yang mereka miliki.

Ada pula kisah karyawan yang sudah memiliki gaji yang cukup besar namun tidak betah hingga satu tahun. Alasannya karena pekerjaan tersebut sangat menyita waktu, ia banyak kehilangan waktu untuk merawat anak dan berkumpul dengan keluarganya. Alhasil ia akhirnya keluar dan mencari pekerjaan yang sesuai dengan kehidupannya, pekerjaan yang bisa membawa kebahagiaan bagi dirinya sendiri dan keluarga.

Dari beberapa cerita di atas dapat disimpulkan bahwa kebahagiaan dalam bekerja tidak melulu ditentukan oleh besaran gaji. Memang gaji yang besar merupakan penawaran yang menarik, tapi dalam kenyataannya kita bekerja tidak hanya untuk memperoleh gaji semata.

Pilihlah pekerjaan yang selaras dengan cara hidup Anda, dengan begitu Anda akan bisa menemukan kebahagiaan dalam hidup dan pekerjaan.

Comments

  1. Emag beda-beda sih yang dikejar orang.
    bagi fresh graduate biasanya pertimbangan utamanya adalah gaji yang besar. Bagi yang sudah berkeluarga, biasanya mulai mempertimbangkan waktu yang lebih banyak buat keluarga.

    Maunya sih, tempat dan suasana kerja nyaman, terus gajinya gede hehehe….

    ReplyDelete
  2. sepakat Mas,kebahagiaan dalam bekerja tidak selalu diukur dari besarnya gaji :)
    percuma dikasih gaji besar tapi kita bekerjanya gak nyaman dan selalu tertekan..

    ReplyDelete
  3. nastiti swargaraniJune 13, 2017 at 2:31 AM

    Gaji bukan ukuran utama kesuksesan seseorang. Gaji memang penting, tapi yang lebih menarik adalah bagaimana seorang pekerja dapat berkembang di perusahaan tersebut :)

    ReplyDelete

Post a Comment