4 Tips Singkat Membangun Komunitas

Berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri? Terjebak pada anggaran yang ketat? Anda bukanlah satu-satunya.

Membangun komunitas merupakan salah satu cara termurah dan paling kuat untuk memasarkan bisnis Anda, dan jika dilakukan dengan benar, komunitas dapat membantu bisnis Anda sepanjang masa .

Tapi seberapa mudah mengembangkan sebuah komunitas? Berikut 4 Tips Singkat Membangun Komunitas yang bisa Anda lakukan

  • Buat Aturan tentang Komunitas


Tanpa membuat aturan, Anda berarti telah membiarkan komunitas untuk berjalan tanpa arah. Anggota komunitas harus memiliki tolok ukur tentang apa yang mereka bisa dan tidak bisa lakukan atau katakan, dan mereka perlu menyadari ini.

Pada saat yang sama, ingatlah bahwa tujuan dari komunitas adalah untuk memberdayakan pelanggan berbicara tentang produk Anda. Jadi jangan takut dengan kritik yang membangun.

  • Berbicara Kepada Anggota Komunitas


Jika Anda ingin saran yang positif tentang bagaimana untuk bergerak maju dengan merek Anda, jangan takut untuk terlibat dalam percakapan dan berbicara dengan anggota komunitas.

Bersikaplah jujur dan terbuka dengan komunitas Anda. Ini adalah kesempatan Anda untuk belajar mendengarkan tentang apa yang diinginkan oleh pelanggan, karena hal ini dapat membantu Anda membuat solusi yang lebih baik bagi pelanggan Anda, dan menjaga loyalitas mereka dalam jangka panjang.

  • Lakukan Riset


Selalu mulai dengan melihat pesaing Anda dan bagaimana mereka melakukannya.

Data yang Anda peroleh tidak hanya menjadi inspirasi Anda dalam membangun komunitas, tetapi juga dapat menjadi patokan dari segi kualitas

  • Gunakan Media Sosial


Cara mudah untuk mendapatkan orang agar berbicara tentang produk Anda dan menyebarkan berita adalah melalui media sosial.

Ketika mereka mendaftar sebagai anggota komunitas, mintalah mereka untuk mengikuti Anda di Twitter dan menyukai fan page Anda di Facebook sebagai bagian dari proses pendaftaran.

Pastikan Anda juga memiliki pin media sosial di situs Anda sehingga mereka dapat berbagi setiap konten yang mereka suka.

Comments