Live Streaming Video, Pilih Aplikasi Mobile atau Desktop?

Periscope dan Meerkat adalah aplikasi live streaming video yang populer saat ini, keduanya sama-sama terjun ke pasar tahun 2015. Aplikasi tersebut dapat menyiarkan video streaming kepada pengguna lain yang berada di jaringan perangkat mereka. Kedua aplikasi ini sekarang tersedia untuk Apple dan smartphone Android.

Periscope

Periscope memiliki keuntungan dari integrasi pengguna dengan twitter. Pengguna baru dapat mendaftar dengan akun Twitter dan memiliki kemudahan untuk menemukan jaringan pengguna yang lain dengan akun twitter.

[caption id="attachment_514" align="aligncenter" width="431"]Tampilan Live Streaming Periscope Tampilan Live Streaming Periscope[/caption]

User interface di Periscope juga sangat bersih dan mudah digunakan. Meskipun pengguna tidak dapat menjadwalkan siaran di Periscope, mereka dapat membuat konten video dengan komentar dan koneksi penuh selama 24 jam.

Meerkat

[caption id="attachment_523" align="aligncenter" width="783"]Tampilan Live Streaming Meerkat Tampilan Live Streaming Meerkat (http://www.youtube.com/watch?v=PmkSad2udWI)[/caption]

Meerkat memiliki fitur untuk memberikan informasi kepada pengguna tentang siaran langsung dan dapat menjadwalkan siaran. Pengguna juga dapat berbagi siaran dari aplikasi Meerkat ke Twitter, Facebook, dan menyalin link siaran untuk dibagikan kepada pengguna lain. Berbeda dengan Periscope, dimana pengguna hanya dapat berbagi siaran dengan jaringan yang ada di Periscope saja.

Fenomena Live Streaming Video

Kemampuan untuk menyiarkan video streaming sebenarnya bukan hal baru. Ada berbagai aplikasi berbasis web yang sudah dikenal masyarakat dalam beberapa tahun terakhir, aplikasi ini memungkinkan individu atau organisasi untuk menyiarkan segala sesuatu, misalnya webinar atau yang lebih dikenal dengan web seminar.

Salah satu contoh sukses live streaming dengan desktop adalah Google Hangout. Ketika Google pertama kali meluncurkan Google Hangout, para pengguna baru tampak bersemangat karena alat ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi melalui video dan membuat talkshow interaktif dengan biaya produksi yang rendah.

Namun apa yang menjadi berbeda ketika live streaming dari perangkat desktop dan mobile?

Perbedaan Live Streaming Video dengan Aplikasi Mobile dan Desktop

Perbedaan utama live streaming video dengan desktop dan aplikasi mobile adalah perangkat yang digunakan. Ketika live streaming dengan menggunakan desktop pengguna memiliki kontrol dan pilihan yang lebih luas ketika siaran, misalnya kontrol kamera, mikrofon, dan berbagi layar. Sementara aplikasi mobile lebih kepada penyebaran feed video yang cepat dan peralatan yang simple, tidak perlu setting kamera atau mikrofon karena smartphone sudah menyiapkannya menjadi satu.

Perbedaan ini juga sesuai dengan pergesaran marketplace dari desktop ke mobile dalam penggunaan konten. Tidak seperti webinar, hangout, dan pilihan streaming lainnya, Periscope dan Meerkat menempatkan konten video mereka langsung di telapak tangan pengguna dengan cara yang cepat, tanpa filter, dan mudah untuk terhubung dengan pengguna mana pun.

Comments