Etika Makan Sushi dengan Wasabi

[caption id="attachment_437" align="aligncenter" width="1600"]Salah satu menu sushi Salah satu menu sushi. (Foto: www.lastboytahara.com)[/caption]

Pertama kali mampir ke restoran sushi, beberapa hal yang akan kita lihat pertama kali adalah sebotol saus kedelai, jahe, dan bubuk padat berwarna hijau. Ketiga bahan itu sudah langsung tersedia di meja makan.

Bubuk padat berwarna hijau itu lah yang bernama "wasabi", rasanya sangat pedas, biasanya orang hanya menambahkan sejumput wasabi pada sepotong sushi atau mencampurkan saus kedelai dengan wasabi kemudian sushi dicelupkan ke dalamnya.

[caption id="attachment_450" align="aligncenter" width="757"]Bentuk dan warna wasabi Bentuk dan warna wasabi (Gambar: Screenshot YouTube Munchies)[/caption]

Karena bahan ini unik dan hanya saya temui di menu sushi, saya jadi penasaran bagaimana etika makan sushi dengan wasabi. Akhirnya saya menggali informasi dari internet tentang etika makan sushi dengan wasabi, dan ternyata ada banyak hal yang perlu diperhatikan ketika mengonsumsi sushi dengan wasabi.

Tidak peduli seberapa banyak Anda menikmati rasa pedas, mencampurkan saus kedelai dengan wasabi ternyata bukan cara yang tepat untuk memakan sushi. Koki telah menambahkan sejumlah kecil wasabi untuk masing-masing bagian, berdasarkan jenis ikan, untuk memunculkan rasa yang khas.

Restoran Jepang memberikan wasabi tambahan di meja makan untuk mengakomodasi orang-orang yang menyukai rasa pedas. Namun menambahkan terlalu banyak wasabi dapat menyembunyikan rasa alami ikan pada menu sushi.

Terlalu banyak menambahkan wasabi ke menu sushi, mirip dengan menuang banyak kecap ke potongan daging steak yang mahal. Anda hanya merasakan rasa manisnya kecap daripada rasa khas daging sapi yang sudah dimasak sempurna.

[caption id="attachment_443" align="aligncenter" width="748"]Sushi yang sudah menggunakan wasabi Sushi yang sudah menggunakan wasabi (Gambar: Screenshot YouTube Munchies)[/caption]

Jika ingin menambahkan wasabi, oleskan ke beberapa ikan dengan menggunakan sumpit atau gunakan lembaran jahe yang sudah tersedia di meja makan untuk mengoles wasabi pada sushi. Jangan tinggalkan jahe di atas sushi sebagai tambahan. Menghisap wasabi yang tertinggal di ujung sumpit juga dianggap tidak baik.

 

Referensi:

How to Eat Sushi: You've Been Doing it Wrong - YouTube Munchies


Comments

  1. Baru tau kalau udah ada wasabi dlm sushi dan wasabi ga wajib dimakan.
    Saya nggak suka pakai condiment apa pun kalau makan sushi.

    ReplyDelete
  2. Menikmati makanan memang tergantung selera mbak, terima kasih sudah membaca

    ReplyDelete
  3. Gua kalo makan sushi ga pernah nyentuh wasabi-nya, tapi ternyata selama ini "udah dengan sendirinya" ngicip wasabi ya, baru tahu ternyata koki udah nambahin sejumlah kecil wasabi untuk masing-masing bagian.
    Ah, jadi pengen makan sushi lagi hehe.

    Keren infonya :-)

    ReplyDelete
  4. jadi kepingin makan sushi setelah baca postingan ini.. :)

    ReplyDelete
  5. ane malah sampai sekarang baru nyaho kalau ternyata sushi yang sudah ane makan mengandung wasabi juga hehe. jadi pengen sushi :)

    ReplyDelete

Post a Comment