Cara Makan Sushi yang Benar

Setahu saya tidak ada pedoman resmi dalam memakan sushi, di internet saja banyak sekali panduan memakan sushi dan beberapa muncul dengan cara yang berbeda-beda. Kali ini saya akan membagikan cara makan sushi yang benar menurut cara tradisional Jepang.


Dalam cara tradisional Jepang memakan sushi tidak boleh menggunakan sumpit, stik kayu dari sumpit dapat merusak bentuk sempurna sushi yang sudah dibuat oleh tangan terampil koki. Bila ingin mengambil sushi dengan cara tradisional Jepang, gunakan jari Anda, lalu angkat potongan sushi diantara ibu jari dan jari tengah. Makan menggunakan sumpit hanya dilakukan jika Anda ingin menikmati Sashimi. Terlepas dari itu, tentu tidak ada yang akan menegur Anda bila makan sushi menggunakan sumpit.


Setelah memegang sushi dengan jari, balik potongan sushi dengan bagian ikan berada di bawah dan celupkan ke saus kedelai. Ingat, jangan mencelupkan nasi pada sushi ke saus kedelai karena nasi dapat menyerap terlalu banyak saus kedelai dan mengubah tekstur gigitan.


Bila Anda ingin menambahkan wasabi pada sushi, cukup ambil sedikit wasabi menggunakan sumpit dan taruh di atas ikan. Koki telah menambahkan sejumlah kecil wasabi untuk masing-masing bagian, berdasarkan jenis ikan, untuk memunculkan rasa yang khas. Jangan campur wasabi ke dalam saus kedelai.




[caption id="attachment_443" align="aligncenter" width="748"]Sushi yang sudah menggunakan wasabi Sushi yang sudah menggunakan wasabi (Gambar: Screenshot YouTube Munchies)[/caption]

Untuk memulai makan, bagian ikan pada sushi harus dibalik ke bawah menghadap lidah. Tujuannya agar lidah Anda dapat merasakan kesegaran ikan seluruhnya sebelum menelan setiap gigitannya.


Makanlah sushi dalam "satu gigitan". Menurut cara tradisional Jepang, membelah sushi menjadi dua dapat melukai hati koki, karena ia telah menghabiskan waktu untuk membuat potongan sushi yang sempurna. Jika sushi terlalu besar, beritahu koki sehingga ia dapat menyesuaikan porsi yang pas untuk Anda. Namun sepertinya etika ini hanya berlaku bila Anda menikmati sushi langsung di sushi bar, dimana pengunjung dan koki saling berhadapan di satu meja penyajian.




[caption id="attachment_442" align="aligncenter" width="761"]Suasana Sushi Bar Suasana Sushi Bar (Gambar: Screenshot YouTube Chowhound)[/caption]

Ketika Anda telah selesai makan sepotong sushi, jangan lupa untuk memakan beberapa jahe yang tersedia di meja makan. Jahe ini berfungsi untuk menetralisir rasa ikan di mulut Anda, sehingga Anda bisa menikmati menu sushi yang lain tanpa terganggu oleh rasa sushi yang sebelumnya sudah Anda makan. Jangan makan jahe ketika sushi masih berada di mulut.

Comments

  1. Terima kasih atas tipsnya, sangat bermanfaat :)
    Ternyata banyak juga ya perbedaannya cara makannya yang diinfokan diinternet, ada yang bilang lebih baik pake tangan, ada juga yang berpendapat lebih baik pakai sumpit, tentunya dengan berbagai macam pandangan :)

    ReplyDelete

Post a Comment