Ketoprak di Jakarta Tidak Pakai Telur Goreng?

Selama tinggal di Semarang saya paling doyan makanan yang berbumbu kacang, seperti nasi pecel, batagor, dan ketoprak. Namun semenjak tinggal di Jakarta saya jarang sekali menemui makanan-makanan yang berbumbu kacang, yang paling sering hanya ketoprak.


Di setiap gang dan pinggir jalan raya selalu ada pedagang ketoprak di Jakarta. Setelah saya cari di internet ternyata ketoprak adalah makanan khas Betawi, ya makannya banyak pedagang ketoprak di Jakarta. Namun yang bikin saya heran ketoprak di Jakarta tidak pakai telur goreng.




[caption id="attachment_128" align="aligncenter" width="700"]Ketoprak di Jakarta yang Saya Beli Ketoprak di Jakarta yang Saya Beli[/caption]

Kalau di Semarang ketoprak yang saya jumpai terbuat dari beberapa potongan ketupat, tahu goreng, telur goreng, bihun, tauge, mentimun, dan ditaburi kerupuk. Terakhir yang paling saya suka adalah tuangan saus kacang dan kecap manis di atasnya yang membuat ketoprak terasa gurih dan lezat. Bila suka pedas bisa juga diberi cabai sesuai selera.


Nah kalau di Jakarta saya sudah tiga kali beli ketoprak di tempat yang berbeda-beda, bahan yang digunakan juga sama, hanya saja tidak menggunakan telur goreng. Pertama beli saya pikir pedagangnya lupa untuk memberikan telur goreng karena harganya Rp 10.000 satu porsi di semua tempat, berbeda dengan di Semarang yang hanya Rp 8000 satu porsinya dan lengkap dengan telur goreng. Tapi setelah beli hingga tiga kali saya rasa di sini memang tidak menggunakan telur goreng, mungkin sudah kebiasaan warganya untuk tidak mengonsumsi ketoprak dengan telur goreng, atau memang seperti itu lah aslinya ketoprak. Ah, cuman ngomongin ketoprak bisa jadi panjang gini ya, hahahaha.


Tepi terlepas dari itu semua rasa ketoprak tetap sama, enak! Mau dikasih telur atau tidak saya hanya suka dengan bumbu kacangnya yang gurih. Selain itu  memesan menu ketoprak juga tidak terlalu lama untuk disajikan karena bukan makanan yang rumit-rumit amat untuk diolah. Jadi mau dimanapun ketoprak tetap makanan favorit. Nyamm!

Comments

  1. ada banyak sebenarnya boy, makanan yang berteman dengan bumbu kacang, di jakarta.

    harus cari karedok dan asinan.

    kalau ketoprak, ada yang pakai telur, di benhil. mayan deh. tapi harganya jadi lebih mahal.

    ReplyDelete
  2. Nah itu, karedok dan asinan, saya belum pernah mencoba. Terima kasih rekomendasinya ya

    ReplyDelete

Post a Comment