Eksotisnya Beruang Madu di KWLPH Balikpapan


Pada Juni 2013 saya menyempatkan diri untuk berlibur ke Balikpapan. Dari Bandara Sepinggan saya memulai langkah pertama saya untuk menikmati kota Balikpapan. Di sini kotanya sangat indah dan rapi, tidak ada orang yang terkesan buru-buru, angkot berhenti sembarangan, atau bunyi klakson saat lampu merah berganti hijau. Saya rasa, kota ini sangat beda jauh dengan kota-kota besar di pulau Jawa dari segi ketertiban.


Di sepanjang jalan raya saya sempat melihat beberapa ukiran kayu dan lukisan yang sangat eksotis menghiasi pinggir-pinggir jalan. Yang paling sering saya lihat adalah ukiran atau lukisan yang berbentuk beruang madu. Maklum, Balikpapan adalah tempat konservasi beruang madu, dimana hewan ini merupakan salah satu satwa yang dilindungi di dunia.


Dan “mumpung” saya juga berada di Balikpapan, saya akhirnya berhasil mengunjungi KWLPH (Kawasan Wisata Pendidikan Lingkungan Hidup) Balikpapan di Km.23 Jalan raya Balikpapan-Samarinda.







[caption id="" align="aligncenter" width="320"] Banner Beruang Madu KWLPH Balikpapan [/caption]




[caption id="" align="aligncenter" width="320"] Enclosure Beruang Madu Balikpapan[/caption]



Untunglah, saat berada di sana saya bisa melihat langsung si Beruang Madu di KWLPH Balikpapan. Di enclosure ini beruang madu hanya dilepas pada jam 9 pagi dan 3 sore.


[caption id="" align="aligncenter" width="240"] Beruang Madu yang Dilepas[/caption]




Beruang madu ini dilepas di enclosure untuk diberi makan, dan sang penjaga sengaja menaruh makanan-makan itu ditempat tertentu, misalnya saja di sela-sela ranting dan tempat yang tinggi. Menurut saya, hal ini dilakukan agar beruang madu dapat terus aktif dalam menggunakan anggota tubuh dan indera penciumannya.


[caption id="" align="aligncenter" width="320"] Beruang Madu Mencari Makanan[/caption]




[caption id="" align="aligncenter" width="320"] Melihat Beruang Madu Dari Dekat[/caption]




[caption id="" align="aligncenter" width="320"] Tempat Menaruh Makanan Untuk Beruang Madu[/caption]



Bila dicermati beruang madu ini memiliki tanda unik berwarna oranye di bawah lehernya. Tanda ini juga yang membedakan beruang madu dengan beruang yang lainnya.




[caption id="" align="aligncenter" width="320"] Tanda Khas Beruang Madu di Leher[/caption]



Senang rasanya bisa melihat hewan eksotis ini, namun sayang keberadaannya mulai langka di alam liar. Semoga dengan adanya KWLPH ini bisa meningkatkan kepekaan masyarakat setempat dan pengunjung lain dari luar kota untuk bisa melindungi hewan ini dari perburuan liar dan perusakan habitat.

Comments